instagram

@soratemplates

Sunday, August 29, 2021

Mengenal Teman Kreasi, Langkah Nyata Smartfren Menggandeng UMKM Sumatera dalam Bersinergi


Tahun antara 2011 – 2021 adalah masa-masa di mana saya menggeluti profesi sebagai pelaku UMKM di Aceh sebelum pada akhirnya menjadi working mom. Berusaha untuk tetap bertahan dengan kondisi usaha yang naik ataupun turun. Di saat itu lah dibutuhkannya ilmu juga sinergi dalam mengembangkan bisnis yang ada. Sinergi itu bisa didapatkan di mana saja, mulai dari bagaimana membangun relasi dengan para suplier, menjaga kepercayaan dari konsumen, dan juga mengikuti komunitas-komunitas dan kegiatan-kegiatan yang dapat berpengaruh positif pada diri dan usaha yang telah dijalankan.

Sinergi dari komunitas tersebut salah satunya saya dapatkan dari Smartfren Community. Komunitas yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia ini memberi warna baru dan ilmu baru pada kehidupan saya. Komunitas tersebut berpengaruh bukan hanya pada soft skill para anggotanya namun juga menjadi wadah berkolaborasi pelaku UMKM yang tergabung dalam Teman Kreasi.

Teman Kreasi diluncurkan pada Maret 2021 dengan tujuan memberi kesempatan berpeluang generasi milenial dalam industri kreatif dan mempelajari sociopreneurship. Logo Teman Kreasi ini pun cukup unik, logo yang menampilkan bentuk anyaman berwarna pink tua (fuschia) ini sebenarnya memiliki makna filosofi adanya kolaborasi kreasi atau disebut juga kokreasi, lazim disebut sinergi. Makna yang lebih dalam dari logo tersebut adalah adanya kebutuhan bersinergi kreasi dalam menciptakan produk unggulan yang kreatif dan memiliki daya jual tinggi di masyarakat. 

Selain itu misi dari Teman Kreasi adalah mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah di mana Smartfren Community berada.

Teman Kreasi telah tersebar di 30 kota dengan total jumlah 32 Teman Kreasi. Untuk wilayah Aceh  di mana saya tinggal belum ada, namun untuk wilayah Sumatera ada beberapa Teman Kreasi seperti di Lampung, Pekanbaru dan Natuna. Teman Kreasi Lampung memiliki produk unggulan berupa digital accesories, Pekanbaru memiliki produk unggulan berupa forwarding, sedangkan Natuna memiliki produk unggulan berupa kerajinan dan kuliner khas Natuna. Seperti yang diutarakan Agung Sujadi, seorang penggiat Teman Kreasi Bandar Lampung, “Teman Kreasi merupakan salah satu wadah yang sangat bagus dan sangat cocok dalam mengembangkan ide kreatif dari  teman-teman baik pemuda-pemudi maupun kaum milenial yang saat ini sednag tertarik dengan kegiatan-kegiatan bisnis”. Agung menambahkan, Teman Kreasi adalah inovasi yang paling menjanjikan dan sangat mumpuni bagi teman-teman yang menjalankan bisnis UMKM.


Inovasi yang segar dan bermanfaat seperti itulah yang membawa Smartfren mendapatkan Penghargaan IDX Award bidang Sustainability selama 2 tahun berturut-turut. Pada tahun 2020 Smartfren mendapatkan penghargaan atas Smartfren Community sebagai Integrated Community Development 2020. Sedangkan pada tahun ini, 2021, Smartfren mendapatkan penghargaan atas Teman Kreasi yaitu sebagai Suistainable Innovative SME Development 2021. Dua tahun berturut-turut mendaptkan penghargaan bergengsi IDX Award, membuktikan bahwa Smartfren adalah operator telekomunikasi yang perhatian dan memberikan dampak sosial berkelanjutan yang signifikan pada masyarakat.  



Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO Smartfren. Beliau menegaskan bahwa, penghargaan yang diterima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat untuk menjadi teman Buka Peluang dan turut serta memajukan Ekonomi Kreatif di Indonesia.

Teman Kreasi juga telah melaksanakan program-program yang bertujuan untuk memajukan UMKM anak negeri dengan membantu keberlangsungan lebih 500 UMKM yang tersebar di Indonesia. Kesempatan ini juga sekaligus membantu mereka dalam peluang digitalisasi yang sangat berguna pada masa ini.

Kehadiran Teman Kreasi dan manfaat yang diterima oleh pelaku UMKM semoga menjadi harapan baru dalam semakin berkembangnya digitalisasi UMKM yang sempat redup selama pandemi. Selamat bersinergi dalam bakti untuk negeri, Teman Kreasi.

 

No comments:

Post a Comment