instagram

@soratemplates

Thursday, December 17, 2020

WOWLabs Smartfren, Kreatifitas dan Sinergisitas Untuk Bangsa



Perkembangan dunia kreatif di era digital saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin lama semakin bertumbuh. Di segala bidang, kreatifitas dibutuhkan dan juga diunggulkan. Peluang-peluang  untuk menciptakan kreatifitas yang positif  oleh  generasi muda yang diperuntukan  bangsa semakin terbuka  lebar.

Kreatifitas tersebut membutuhkan wadah yang tepat untuk bersinergi agar kebermanfaatannya lebih meluas. Kreatifitas tanpa batas juga yang melandasi terciptanya ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif ini dilandasi pada dua hal penting yaitu kreatifitas dan inovasi yang lama kelamaan dapat membangun perekonomian untuk memajukan bangsa dan agar siap untuk persaingan di dunia global. Oleh karena itu anak-anak muda dan para pelaku usaha di bidang kreatif membutuhkan satu wadah kokreasi  yang tepat.

Salah satu wadah tersebut adalah WOWLabs. WOWLabs diluncurkan oleh Smartfren pada 3 Desember 2020 secara virtual,  dengan tujuan agar para kreator konten di Indonesia saling  bersinergi.  Smartfren sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang dekat dengan generasi muda, ingin generasi muda di Indonesia berkreasi tanpa batas dengan hal yang positif. Mendukung generasi muda agar mereka bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka melalui ide-ide cemerlang yang mereka ciptakan dan fikirkan.

Smartfren bekerja sama dengan para kreator lokal melakukan kokreasi produk-produk limited edition yang dibutuhkan masyarakat melalui WOWLabs.  Sinergisitas dalam WOWLabs tersebut demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Singkatnya WOWLabs ini berasal dari anak negeri, oleh anak negeri, dan untuk anak negeri.

Brand kreator bersinergisitas dalam WOWLabs


Dalam mewujudkan cita-cita tersebut Smartfren menggandeng beberapa brand dan kreator lokal di antaranya :

1.     Snow The Monster

Snow The Monster merupakan salah satu merek desain yang  membentuk dan mengembangkan Intelectual Preperty (IP) dalam bentuk desain berbagai macam monster. Tim ini dipimpin oleh Evan Aditya.

2.     Hana Madness

Memiliki nama lengkap Hana Alfikih adalah seorang seniman doodle yang  membuat karya yang didasari pada pergolakan  mental yang pernah ia alami.  Baik Snow The Monster maupun Hana Madness  keduanya fokus pada desain karakter dalam pengelolaan intelectual property (IP).

3.     Pijak Bumi

Sepatu Pijak Bumi. Picture by hitekno.com


Pijak Bumi adalah brand sepatu lokal asal Bandung yang memanfaatkan kanal online untuk bisnis mereka. Pijak Bumi beserta Smartfren membuat sepatu limited edition yang desainnya patut diacungi jempol.

4.     Stayhoops

Produk yang dihasilkan Stayhoops ini di antaranya adalah kaus kaki dan masker yang dibuat dengan desain dari Andy Debbil, seorang desainer muda yang cukup ternama.

5.     Ahha Oficial

Brand lokal yang cukup terkenal yang dimiliki salah satu Youtuber dan konten kreator  terkenal Atta Halilintar. Ahha Official memproduksi beragai macam produk-produk fashion yang ditujukan untuk generasi muda. Ahha Official Store juga pernah bekerjasama dengan Smartfren untuk menjual bebagai produk-produk kaos dan masker yang didesign oleh Addy Debil. Hasil dari penjualan tersebut kemudian disalurkan melalui Benih Baik untuk masyarakat yang membutuhkan.

 

Tujuan WOWLabs ini pun sangat mulia, setelah para pelaku konten krator yang masuk dalam pelaku usaha  kreatif ini meluncurkan karya-karya limited edition, sebagian hasil dari penjualan produk-produk tersebut  di peruntukan untuk memeperkuat  pembangunan berbasis komunitas yang tentu saja berada di seluruh wilayah operasioanal Smartfren. Penyaluran komputer beserta sarana pendukung lainnya melalui Rumah Kreatif Smartfren  untuk kegiatan ekonomi kreatif dan juga pendidikan. Sedangkan Rumah Kreatif Smartfren yang diluncurkan di Bandung pada tanggal 14 Januari 2020 ini merupakan wadah agar generasi muda serta masyarakat sekitar dapat bangkit dan berdaya. Kini Smartfren Community memliki 11 Rumah Kreatif Smartfren yanga ada di berbagai daerah di Indonesia di antaranya adalah Tangerang, Bojonegoro, Surabaya, Cilacap, Natuna dll.

 

Harapan dari kokreasi WOWLabs ini adalah tidak sekedar menginspirasi namun juga terbukanya peluang usaha dan pengembangan diri untuk masyarakat dan banyak orang lainnya. Jadi yuk, generasi muda saling bersinergi selama kreativitas belum mati.

 

 

No comments:

Post a Comment