instagram

@soratemplates

Sunday, July 26, 2020

Tips Menyiasati Liburan di Aceh Pada Saat Pandemi


Aceh memanglah bukan tempat di mana saya dilahirkan. Namun secara jujur saya harus akui bahwa keindahan alamnya memesona saya, bahkan saya pun sanggup berdamai dengan  cuaca yang kadang bertolak belakang dengan Bogor. Pasalnya, Aceh memiliki cuaca yang lebih sering panas dan jarang hujan, berbeda dengan Bogor, kota kelahiran saya, yang hampir tiap hari hujan datang menghampiri.

Tempat-tempat di Aceh ini memiliki keindahan alam yang aduhai namun sayangnya saat ini Pandemi Covid-19 membuat semua orang waspada. Pandemi Covid-19 benar-benar menjadi ujian untuk banyaj negara dan juga banyak orang, termasuk saya yang sebelum Covid-19 terdeteksi di Aceh sering berlibur bersama keluarga kecil saya, akan tetapi sekarang kegiatan berlibur harus disiasati, agar pikiran senang, segar, tapi kesehatan tetap terjaga. 

Liburan memiliki arti yang sederhana untuk saya, pergi ke suatu tempat meluangkan waktu sejenak di tengah kesibukan pekerjaan atau kegiatan sekolah anak-anak agar pikiran dan jiwa terasa lebih 'tersegarkan'. Nah, dalam situasi seperti ini saya akan memberikan sedikit tips menyiasati liburan di Aceh saat pandemi. Yuk, kita simak!

1. Liburan tidak perlu jauh dan tidak perlu mahal.
karena saya tinggal di Banda Aceh yang berdekatan dengan pantai dan kebetulan anak-anak pun suka  bermain air di alam. Pantai adalah tempat yang sering kami kunjungi. Pantai-pantai yang berada di Kota Banda Aceh - Aceh Besar bisa menjadi alternatif jika ingin pergi berlibur tanpa harus jauh atau pun mahal. 
Beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar di antaranya sebagai berikut :

a. Pantai Ulelheu 
Pantai ini berlokasi di kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini mudah dijangkau dan digemari banyak kalangan. Letaknya juga dekat dengan pelabuhan, umumnya pantai ini ramai menjelang sore hari.  Walaupun saya seringnya mengunjungi pantai ini pada pagi hari. aneka jajanan seperti jagung bakar dan kelapa muda banyak terdapat di tempat ini sehingga dapat memanjakan para pengunjung sambil menikmati suasana senja hari di pantai ini.
b. Pantai Lampuuk 
Pantai ini banyak menjadi favorit banyak orang. baik itu wisatawan lokal Aceh maupun luar Aceh. Terletak di Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Pesona alam, fasilitas umum seperti MCK dan juga wisata kuliner cukup lengkap di pantai ini. namun sayang, untuk menjangkau pantai ini kita harus menngunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum tidak ada di tepat ini. 
c. Pantai Lhoknga 
Lokasi pantai ini berdekatan dengan pantai Lampuuk, terletak masih di seputaran Aceh Besar yang tidak begitu jauh dari Banda Aceh. Ombaknya yang cukup besar membuat banyak peselancar senang bertualang di pantai ini. Bagi kami yang tidak bisa berselancar, menikmati keindahan tempat dan suasana pantai ini bersama keluarga cukup menjadi hiburan. 
d. Pantai Lhokme 

Pantai ini sering dikenal dengan Pantai Pasir Putih, sesuai dengan julukannya. pantai ini memiliki pasir putih yang cukup menawan. Terletak di dusun Lhok Mee yang tepatnya ada di Gampong Lamreh. untuk menuju pantai ini harus menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam dari pusat kota Banda Aceh, jalan menuju Krueng Raya Aceh Besar. pantai ini memiliki keindahan pemandangan yang istimewa. susunan pohon, batu karang, juga air laut yang bening kebiruan membuat kita ingin berlama-lama di pantai ini. 
e. Pantai Alue Naga 
Pantai ini yang paling dekat dengan tempat saya tinggal, berada di kecamtan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. banyak orang ke sini untuk melihat suasana sunrise dan sunset di pantai ini. 
f. Pantai Riting 
Pantai ini cocok untuk wisata keluarga, pantainya yang agak landai dan luas nyaman untuk semua naggota keluarga. pantai ini juga dilengkapi dengan jambo (saung) besar atau kecil. lokasinya ada di Leupung, Aceh Besar. untuk mencapai pantai ini, kita harus membawa kendaraan pribadi. 

b. Atur waktu, jaga jarak
sebelum pandemi kami sekeluarga tidak ada patokan waktu keberangkatan saat berlibur. setelah pandemi jika kami ingin berlibur ke tempat wisata kami akan memilih waktu yang kira-kira orang sedikit yang datang ke tempat itu. seperti pagi hari sekali. udara pun masih segar. pernah kami datang ke satu pantai yang biasa orang ramai kunjungi. kami memilih untuk mendatanginya pagi hari. benar saja, pantai tersebut tidak ada orang yang datang kecuali keluarga kami.

c. Memanfaatkan alam dan fasilitas yang ada untuk berolahraga.
Jalan di pinggir Krueng Aceh

Di daerah seputaran kota Banda Aceh ada beberapa taman dan  tempat lain yang bisa dijadikan tempat untuk berolahraga. Biasanya saya memanfaatkan olahraga sambil refreshing  sejenak  bersama keluarga di beberapa taman kota atau pinggir sungai yang memiliki jalan khusus untuk berolahraga atau jogging track.   

d. Protokol kesehatan dan peka dengan lingkungan sosial
Jangan mengabaikan protokol kesehatan di kala pandemi, dengan raji mencuci tangan, membawa hand sanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak dari kerumunan orang. Omong-omong tentang masker, Smartfren bekerja sama dengan desiner Addy Debil meluncurkan berbagai desain marker keren. Masker ini juga dibuat dengan niat untuk membantu mengatasi kondisi saat wabah seperti ini. hasil penjualan dari masker ini akan disumbangkan untuk membantu penyediaan alat medis bagi para pahlawan medis. 
Masker Smartfren Ddesign by Addy Debil

Sepert yang tadi saya jelaskan, Smartfren memiliki kepedulian melalui penjualan masker, nah Smartfren Community (komunitas pengguna smartfren)  memiliki kepedulian kepada lingkungan sekitar untuk menghadapi Covid-19 ini. Smartfren Community mengajak kita membantu sesama untuk #StaySafeAntiWasWas selama masa pandemi dengan menyalurkan bantuan berupa sembako atau ember cuci tangan. kegiatan sosial ini dibantu oleh leader Smartfren Community di berbagai daerah di Indonesia.  Jika ingin berpartisipasi, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan donasi ke link berikut ini. https://kitabisa.com/campaign/smartfrencommunityhadapicorona 

poster by Smartfren Community


e. Berlibur tanpa takut habis kuota 
untuk mengabadikan moment liburan dengan keluarga dan menguploadnya atau mengirimkan foto / video ke sanak family lain kita membutuhkan kuota tanpa was-was. Smartfren meluncurkan Booster Unlimited dengan harga mulai dari Rp. 2000,-. Booster Unlimited ini berguna jika pelanggan setia Smartfren menginginkan batas pemakaian wajar tambahan untuk pengguna yang melakukan aktivasi atau pembelian paket unlimited Rp. 80.000 (batas pemakaian wajar 1 GB) dan Rp. 100.000(batas pemakain wajar 1,5 GB). untuk info lebih lanjuta mengenai fitur booster Unlimited Smartfren ini dapat mengunjungi www.smartfren.com 
Pict. By Smartfren.com

Itulah beberapa tips dari saya untuk menyiasati liburan saat pandemi seperti ini agar aman pikiran senang. Semoga beranfaat. Sehat terus ya semua.    

No comments:

Post a Comment