instagram

@soratemplates

Sunday, June 7, 2020

Review Mesin Jahit Singer 1306 Cocok Untuk Pemula Harga di Bawah Dua Juta







Mesin jahit Singer 1306 ini sebenarnya sudah lama launching. Sebelumnya saya belum pernah meriew mesin jahit jenis ini. Dikarenakan ada yang memesan 50 lebih mesin jahit kepada kami saya pun memutuskan untuk mereview di youtube channel saya  dan akhirnya menuliskannya di blog saya ini.

Kalau dari merk memang mesin jahit Singer sudah sangat familiar yah di Aceh ini. Namun Singer tidak hanya memiliki satu atau dua tipe mesin jahit. Nah ketika ada orang yang ingin membeli mesin jahit, mereka terkadang bingung untuk menentukan mesin jahit apa yang memang cocok untuk keperluannya. Terlebih para pemula yang ingin memiliki mesin jahit, mereka bingung untuk menentukan mesin jahit apa yang bagus untuk mereka dan yang sesuai budget yang mereka miliki.
Oleh karena itu, yuk saya ajak mengenal lebih jauh mesin jahit ini.

Saya akan mencoba untuk membahas satu-satu spek yang ditawarkan mesin jahit Singer 1306 ini atau yang biasa disebut dengan Singer Start.

1. Ukuran
Ukuran mesin jahit ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil,  mesin jahit ini tidak dapat digolongkan mesin jahit yang mini. waktu saya mencoba mesin jahit ini memang saya lupa untuk mengukur berapa pastinya ukuran mesin jahit ini. Namun, jika kalian pernah melihat mesin jahit Singer Simple Series maka Singer Start ini lebih kecil sedikit saja dari ukuran Singer Simple Series. Jika kalian mau membeli mesin jahit ini secara online. mesin jahit ini mungkin terkena ongkir plus (dengan dimensi) sekitar 5-7 kg.

2. Body luar
Body luar dari Singer 1306 ini sama seperti jenis Singer portable lainnya. Di dalamnya juga menggunakan besi kokoh. Jadi jangan takut kalau mesin jahit ini ringkih ya. Tidak sama sekali.

3. Pola Jahitan
Singer 1306 ini memiliki 9 pilihan langsung jahitan. 3 diantaranya hanya pola lurus seperti biasa, yang membedakan hanya  panjang jahtannya. Ada kecil, sedang dan panjang. 3 pola Zigzag dengan perbedaan ukuran panjang dan lebar jahitan. 3 lainnya pola zigzag putus-putus, pola zigzag rumput dan pola bulan sabit. Bagi pemula saya rasa ini cukup dan sangat mudah untuk mengatur pola-pola yang kita inginkan. Akan tetapi, jika yang menggunakannya adalah penjahit menengah atau mahir, karena tidak ada pengaturan widht (lebar) dan length (panjang) mesin jahit ini sedikit membosankan karena tidak banyak variasi yang dihasilkan dari pola jahitan tersebut.
pola jahitan pada mesin jahit Singer 1306
Mesin jahit ini juga dapat membuat lobang kancing dengan 4 langkah pengerjaan.

4. Tombol Pengatur Benang Atas
Seperti layaknya mesin jahit portable atau semi portable  lainnya, mesin jahit ini memiliki pengaturan tekanan benang atas. Tekanan benang atas ini berguna untuk mengatur longgar tidaknya jahitan yang akan terlihat di bawah kain yang kita jahit. Jadi mesin jahit ini bisa digunakan untuk berbagai teksture bahan, ketebalan bahan, dan juga dapat digunakan untuk membuat jahitan kerut.

5. Tombol Jahitan Mundur
Tomboh jahitan mundur ini umumnya digunakan untuk mematikan jahitan agar tidak mudah terbuka jahitan di awal dan di akhir.

6. Lampu LED
Lampu ini sangat berguna untuk menjahit malam hari dan siang hari terutama di tempat yang kurang cahaya. Lampu LED ini menyala otomatis ketika kita memencet tombol switch on yang terletak di samping kanan mesin jahit. Lampunya pun cukup terang untuk menjahit di malam hari.


Begitulah spesifikasi umum dari Singer 1306 Start. Nah lalu apa yang bisa saya ungkapkan mengenai kekurangan dan kelebihan mesin jahit ini.

A. Kelebihan Singer 1306 Start
- Mudah digunakan untuk pemula bahkan yang belum pernah menggunakan mesin jahit sama sekali. bisa digunakan untuk penjahit yang biasa menggunakan mesin jahit tradisional dan ingin mencoba mesin jahit portable.
- suaranya yang cukup halus dan tidak berisik
- model yang simple dan ergonomis, dapat dilettakan di meja apa saja dan mudah dibawa atau dipindah tempat

B. Kekurangan Singer 1306 Start
- Tidak adanya pemasuk benang otomatis sehingga benang harus dimasukkan manual. bisa diatasi dengan membeli alat pemasuk benang.
- tidak ada tombol pengatur panjang dan lebar jahitan

Lalu bagaiamana dengan kemampuan menjahit berbagai jenis bahan? Mesin ini dapat menjahit kain-kain tipis, kain karet atau spandek (dengan mengganti ke jarum khusus) dan juga menjahit beberapa lapisan kain.


Mau tau lebih lanjut tentang video terkait mesin jahit ini silahkan KLIK ya... 

No comments:

Post a Comment