instagram

@soratemplates

Saturday, March 9, 2019

Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Karya Paper Piecing



Paper piecing
adalah tekhnik yang dipakai dalam seni patchwork yang menggabungkan potongan-potongan kain perca di atas pola kertas untuk menjadi sebuah karya. Sekilas, paper piecing ini hasil jadinya seperti menempelkan kain atau  menganyam pada beberapa pola tertentu. padahal, proses membuat paper piecing ini dilakukan dengan menggunakan mesin jahit.

Beberapa hari lalu, alhamdulillah saya dan teman-teman diberi kesempatan oleh Kak Irai (blognya bisa KLIK DI SINI) untuk mempelajari teknik paper piecing ini dengan beliau. Kak irai biasanya berdomisili di Malaysia, walaupun berdarah Aceh. Oleh karena itu kesempatan belajar langsung dengan kak Irai sangatlah langka, sehingga saya semakin semangat untuk mengikuti workshop paper piecing ini.
hasil karya pelatihan paper piecing 

Ini adalah pertama kali saya dan teman-teman melakukan tekhnik paper piecing ini. Kak Irai memberikan pola sederhana yang hasil jadinya akan menjadi bentuk rumah dan pohon. yang diperlukan untuk membuat karya menggunakan tekhnik paper piecing ini adalah :
1. pola paper piecing 
2. beberapa perca 
3. mesin jahit dan peralatan jahit
4. cutting mat, rotary cutter, dan penggaris quilting
pattern by http://piecebynumber.com/links/ 

Cara membuat paper piecing ini memotong perca dengan cara melebihkannya setiap sisi kurang lebih 1/2 inch. lalu dijahit berdasarkan urutan yang ada berdasarkan no urut yang berkaitan  hanya pada satu sisi. Untuk cara lebih visual bisa cek di Youtube dengan kata kunci 'simple paper piecing'

Awalnya saya akui agak ribet menggunakan tekhnik paper piecing ini, tapi lama kelamaan sangat menyenangkan. 
Cik Gu Irai sedang menjelaskan cara menjahit paper piecing

memotong perca

Praktek menjahit tekhnik paper piecing

Saya juga mencoba untuk membuat pola-pola lain di rumah seperti foto paling atas. Saya benar-benar menikmatinya. Benar kata kak Irai  kalau sudah kenal paper piecing ini membuat ketagihan.
Selamat berkarya.



NB : 
terima kasih Kak Irai untuk ilmunya 
terima kasih teman-teman CINeuBa untuk foto-fotonya 

2 comments:

  1. Mantap ulasannya...
    Asik kan ya belajar paper piecing 😊

    ReplyDelete