instagram

@soratemplates

Wednesday, March 6, 2019

NEP 2019 (1) - Membuat Table Runner Bolak-balik


contoh table runner gambar dari wilmart.com
Table runner merupakan taplak meja yang menutupi hanya bagian tengah dari meja. Table runner dibuat dengan tujuan mempermanis tampilan ruangan khususnya pada bagian meja. Menjahit table runner dapat dilakukan oleh penjahit pemula atau bahkan orang yang sama sekali belum pernah mengoperasikan mesin jahit sekalipun.

Oleh karena itu, kali ini saya membuat NEP Februari 2019 dengan tema  "Membuat Table Runner Bolak-balik" (untuk yang mau  tahu lebih banyak NEP, silakan KLIK DI SINI). Kali ini saya mengajari 4 orang peserta pelatihan, 3 dari 4 peserta belum pernah mengoperasikan mesin jahit sama sekali. Awalnya mereka kurang percaya diri untuk datang, tapi ketika saya ajarkan bagaimana menghitung pola, menggunting, dan mulai menjahit, mereka terlihat sangat menikmati setiap proses penjahitan table runner ini.



Gambar di atas adalah gambar kasar dari pola mini dan cara perhitungan yang saya ajarkan ke mereka untuk membuat table runner bolak-balik. idealnya kita memang harus mengetahui tinggi meja juga lebar dan panjang meja. Umumnya table runner memiliki lebar 1/3 dari lebar meja dan memiliki panjang 50-60cm lebih besar dari panjang meja sebenarnya. 

Saya terinspirasi untuk membuat table runner bolak balik karena  dua hal :
1. Apabila bosan, table runner bolak-balik dengan dua motif berbeda ini bisa dibolak-balik penggunaannya.
2. Menghemat cucian, beginilah cara menyiasatinya bagi emak-emak rempong di zaman milenial, hehehe.

Yang diperlukan untuk membuat table runner bolak-balik ini adalah :
1. kain dengan motif yang berbeda, boleh dua atau tiga motif dengan jumlah kain kurang lebih 1,5 meter dengan bidang kain 150 cm (untuk penggunaanya tergantung kebuituhan meja masing-masing ya)
2. renda rajut pabrikan 3m-3,5m sebagai pemanis
3. mesin jahit dan peralatan menjahit

Pada dasarnya membuat table runner ini sangat sederhana. Alhamdulillah para peserta sangat bersemangat dan antusias. Selain untuk meja ada yang menggunakanya table runner ini juga untuk dashboard mobil. 

Table runner bolak-balik karya Kak Dedek

bisa digunakan untuk mempercantik tampilan dalam mobil

Table runner karya Kak Iin


keseruan yang terjadi 
table runner karya Nurul

table runner di ruang tamu
Table runner hasil karya Kak Rahmi

Semangat berkarya ya untuk para pemula. 



No comments:

Post a Comment