instagram

@soratemplates

Monday, February 25, 2019

2019 NEP Kembali

NEP, Niyaz Empowering People adalah program yang saya buat untuk memberdayakan orang-orang di sekitar dalam  beberapa bidang keahlian. Program NEP sejauh ini belum ada campur tangan pihak luar dalam hal pendanaan atau yang lainnya. Seperti yang banyak dipertanyakan beberapa orang yang penasaran dengan program ini.

Program ini saya buat atas inisiatif pribadi, dengan tujuan sedekah keahlian dalam bentuk pelatihan. Minat dan kemampuan saya salah satunya di bidang menjahit dan kerajinan tangan maka yang saya lakukan di awal-awal terbentuknya NEP adalah memberikan pelatihan di bidang ini. 

Saya mencoba untuk mengajarkan beberapa keahlian menjahit dan kerajinan tangan dengan dasar-dasar pengerjaan yang bisa dilakukan oleh para pemula yang mau mencoba keahlian di bidang ini. Saya fikir, perempuan-perempuan tidak ada salahnya untuk mempunyai keahlian di bidang ini. Barang-barang yang dihasilkan dari menjahit dan kerajinan tangan lainnya bukan hanya dapat dijual tapi keahlian tersebut bisa digunakan untuk bebeberapa hal yang dibutuhkan dalam rumah tangga. Bisa menghemat dan syukur kalau bisa menambah penghasilan. Jalan hidup seseorang pun tidak pernah bisa ditebak, oleh karena itu perempuan harus punya keahlian yang  kelak bisa dimanfaatkan yang bisa mendukung perekonomian.

Banyak dari peserta NEP minat di bidang ini luar biasa, semangatnya tinggi walaupun mereka mengakui sebelumnya belum pernah bisa menjahit, merajut atau membuat pernak pernik kerajinan tangan lainnya. Bagi saya pribadi, minat yang serius justru dapat menjadi modal utama untuk mempelajari satu hal.

NEP ini mulai berjalan pada tahun 2017. Sempat lama terhenti di 2018, dan di tahun 2019 NEP kembali hadir. Rencananya tahun ini saya tekankan di bidang jahit dengan memberikan pelatihan gratis menjahit sederhana bagi pemula khususnya bagi orang-orang yang belum pernah memegang mesin jahit sama sekali.

Semoga program ini membawa keberkahan untuk semua. Aamiin

Selamat datang 2019, selamat datang semangat berkarya yang mudah-mudahan bertambah baik dibandingkan tahun sebelumnya.

  

No comments:

Post a Comment