instagram

@soratemplates

Saturday, October 21, 2017

Kata Ghaissan : Mainan Kereta Api

3:27 PM 0 Comments
Akibat dari pertanyaan di group emak-emak Home Education Aceh, tentang salah satu anaknya yang susah untuk menuliskan huruf sesuai urutan. Plus, Ghaissan yang suka tiba-tiba males nulis nama sendiri dan ribut capek karena namanya kepanjangan. Akhirnya saya buat mainan ini yang diadaptasi dari bacaan yang pernah saya baca terkait ini dan saya modif-modif sedikit.
Jadilah permainan ini, entah apa namanya. Ghaissan bilang 'mainan kereta api' oke lah ntong, boleh juga.

Mainan kereta api ini dibuat dengan menggunakan karton-karton aneka warna. Alhamdulillah, rezeki entong.. dapet setumpuk karton-karton sisa dan masih bagus-bagus dari Pak Usman yang punya usaha fotocopy dan juga percetakan. Berhubung beliau dan istrinya tahu kami suka buat-buat mainan bocah (iya bolak balik bae ke kedai fotocopy beliau beli alat-alat tulis apa aja haha) jadi ini digratisin katanya buat anak-anak belajar.

Yuk lah kita bikin ini dia tutorialnya :






Setelah jadi, cara memainkannya hanya di geser-geser saja, sampai menemukan urutan huruf yang benar dan membentuk nama anak. setelah itu. ghaissan saya suruh untuk menulis namanya di kertas lain. Alhamdulillah metode ini sepertinya cepat dia cerna. saya ganti lagi dengan nama saya NIA. dia malah sampe inget di luar kepala. E tiba-tiba saya lihat nama saya tertulis dengan spidol hitam pekat di dinding toko di antara baju baju yang terpajang. Baiklah entong, kagak ngapa-ngapa yang penting ntong belajar dan jangan banyak-banyak nyoret di dinding toko, hihi. Alhamdulillah berarti permainan kereta api, masuk di otaknya.

Untuk anak-anak yang masuk ke iqro 2 atau 3, mainan ini juga bisa diadptasi. Tulis kata misalnya kitabun, maka dari kata tersebut kita cari huruf hijaiyah yang membentuk kata tersebut berupa huruf kaf, ta, ba. 

tut tut tut.. siapa hendak mencoba...
 

Saturday, October 7, 2017

Kue Harapan

9:09 PM 0 Comments
Berbulan-bulan yang lalu, Ghaissan sering bertanya kapan ia ulang tahun. Nah, memasuki bulan Oktober dan menjelang tanggal 7, udah mulai dijelaskan  kalau sebentar lagi Ghaissan masuk usia 5 tahun artinya Ghaissan bukan lagi anak bayi. Harus lebih baik budi.

Beberapa hari sebelum tanggal 7 Oktober juga, hampir tiap malam Emak bilang ke si Entong.. "5 tahun yang lalu, bunda jam segini udah sakiit banget perut nak,  sakit di perut Bunda tanda Ghaissan mau keluar. perut Bunda juga udah besar.". 

Pada tanggal 6 juga saya sempat bilang. "Ini waktu jam 12 gini, 5 tahun yang lalu, Nek masak soto enak banget nak.. abis makan soto,  trus ada kaya pipis keluar, bunda kira bunda ngompol taunya kata Nek itu air ketuban, tanda Ghaissan mau lahir. Nek nyuruh Wa Ajid dateng cepet-cepet, Abi bawa bunda pakai mobil Wa Ajid. Bunda pergi ke rumah sakit sambil megangin perut bunda yang tambah sakit". Entong pun cuma melihat Emak serius, entah apa yang ada di fikirannya.

Bagi saya pribadi, hari lahir hari yang harus diingat selalu, termasuk menanamkannya kepada anak. Bukan untuk sebuah perayaan-perayaan tapi lebih kepada bagaimana ia kelak menghormati perjuangan orang tua dan orang di sekililingnya. Dan lebih dari itu, hari lahir harus mengingatkan ia tentang perjanjiannya dengan Alloh Sang Maha Pencipta.
 
7 Oktober 2012. kurang lebih jam 10 siang Ghaissan lahir ke dunia, disambut dengan tangis haru Bunda, Abi dan juga Nenek yang menunggu di ruang persalinan dan  berharap kebaikan untuk ia kelak. 

Saya pun mulai jatuh cinta.

Teringatlaaah dengan sebuah nyanyian syahdu..

First time I saw my son, I knew I was in love
Because he was the gift I got from somewhere up above
O wow, o yes, o joy, so joy right here in my arms
He looks at me, I can see he's showing all his charms
Can't remember what I do before I saw his face
But now he's here and I can feel his amazing grace

(Lisa ono - My Boy)

Kini 5 tahun itu telah berlalu. Lusa kemarin Ghaissan bilang, "Bunda buatin Ghaissan kue yang besar lah..", emak cuma mengangguk. sambil senyum senyum kecil hihi

taraa inilah kue harapan untuk Ghaissan dari abi dan Bunda




Kue ini sebenarnya adalah kue dari karton yang di hias. Cara pembuatannya pertama kali saya buat lapisan untuk  luar kue. Lalu dilem dan digunting untuk kue penuh (bagian dalam). Sisakan ruang untuk memasukkan kata-kata (karton biru) yang menjadi kata-kata harapan. 

Secara sederhana ini kue punya filosofi tersendiri.. hihihi tapi ya saya bilangnya bukan filosofi ke Ghaissan, dia belum menegrti. saya hanya menjelaskan :

Di lapis pertama tertulis anak yang sholih semoga Ghaissan yang utamanya menjadi anak yang sholih, sudah mulai belajar sholat pelan-pelan, lebih rajin lagi baca iqro-nya. 
Yang kedua baik budi, untuk orang orang di sekililingnya, untuk dirinya sendiri. saya gambarkan mobil dan mainan lego-legonya, Contoh kecilnya ghaiisan harus bertanggung jawab beresin mainan sendiri. 
Di lapis ketiga, Ghaissan menjadi penyayang, ya saya gambar miniatur wajah adek. karena abang adek ini memang sering rebut-rebutan, berantem dsb. Ya tentu, selain ke adek, Ghiasan harus penyayang ke semua orang, kurangin marah-marahnya.
Di lapis ke empat, semoga ghaissan sehat dan ceria. kalau ghaissan sehat semua, ghaisan bisa ngapain aja yang ghaisan mau. Lalu ceria.. iya biar ghaissan gak sering marah-marah gak sering merepet (ngomel terus-terusan). 
Yang terakhir, Ghaisan harus lebih rajin lagi belajarnya. suatu saat Ghaissan akan sekolah, baik di sekolah dan belajar sama bunda ghaisan harus rajin belajar. insyaAlloh bunda nanti akan bikin mainan-mainan buat Ghaissan.

Itulah bahasa harapan yang saya gambarkan secara sederhana dengan bahasa anak-anak. semoga Ghaissan faham. Dan 5 tahun ini membuat ghaissan menjadi anak yang lebih baik lagi.
Entong masih bayi

Ameer Ghaissan Safaraz.
Pemimimpin, yang rupawan dan dihormati. 
Semoga Ghaissan  menjadi tauladan untuk adik-adiknya dan orang-orang lain kelak. Harapan kami sebagai orang tua  yang tersirat dalam pemberian sebuah nama.

Semoga sisa usia berkah yah Entong... Bunda sayang Ghaissan mengelilingi dunia akhirat.. InsyaAlloh..


-Emak yang mulai baper anaknya bukan bayi lagi..





Wednesday, October 4, 2017

Puzzle Iqro, Menuju Iqro 2

6:10 AM 2 Comments
Walaupun pergi ngajinya byar pet byar pet, entar ngaji, ntar ga, dikarenakan berbagai alasan. Akhirnya si Entong mulai baca EBTA untuk kenaikan Iqro 2. Ini anak sebenarnya cepat dalam hafal, tapi kalau diperhatikan sering kurang fokus kalau di pengajian, asik lihat-lihat kawannya yang berlalu lalang. 

Saya sebenarnya tidak mengharuskan Ghaissan cepat naik ke Iqro selanjutnya, tapi harapan saya yang penting dia bisa melafadzkan huruf-huruf hijaiyah dengan sebenar-benarnya. Maklum saya memang dari kecil punya keterbatasan, bicara dan pelafalan saya termasuk cadel. Jadi kalau untuk mengajarkan huruf hijaiyah yang benar saya agak grogi hihi.

Nah, ada permainan yang saya adaptasi dan pernah saya lihat waktu blogwalking, blognya orang luar, saya lupa di blog apa tepatnya. Yang saya ingat, pemilik blog tersebut membuat puzzle dari stik eskrim. Saya adaptasi untuk membantu proses ujian Ghaissan ke Iqro 2. 

Cara membuatnya gampang saja. Pertama saya dempetkan 3 stik eskrim. Saya tulis huruf-huruf hijaiyah dengan spidol warna warni. Huruf hijaiyahnya saya buat acak. 3 stik eskrim itu memuat dua  huruf hijaiyah.

Nah jadi deh puzle.

o iya, karena keterbatasan warna spidol, saya hanya memakai sedikit warna, jadi ada kekhawatiran Ghaissan atau bahkan saya hihi, susah untuk menyusunnya, terutama di stik eskrim pertama karena penuh tanda / (fatah). Jadi untuk menyiasati ini, dibelakang stik ini saya beri tanda dengan penomoran yang sama untuk satu kelompok (terdiri dari 3 stik eskrim). Alhamdulillah Ghaissan senang dan semangat belajar sambil bermain puzle ini.

Permainan ini sangat irit. saya hanya mengeluarkan kurang lebih Rp. 3.000,- untuk 50 stik eskrim.

Selamat mencoba.

Monday, October 2, 2017

Tutorial Bunga Tumpuk

3:40 AM 3 Comments



Yak, pada dasarnya entah kecentilan entah apa, kalau ada yang pesen jilbab di toko saya. Saya bikinin design yang special tergantung maunya pelanggan, termasuk bagian perintilan. Nah perintilannya ini, kalau udah pernah dibuat rasanya males untuk mengulang di jilbab yang selanjutnya.
Tutorial kali ini kita bahas bunga merah.. semacam red flower gitu laaah emang red flower mah bunga merah haha, gak tau juga mau namain bunga ini apa.

Ini biar cepet jadi aja, membuat bunga yang simple tapi model tumpuk. Jadi dasar-dasar simple membuat bunga dari kain perca tapi banyak model.
Ini dia langkah langkahnya :


1) Potong kain bertekstur (saya pakai brokat) sebanyak 6 potong. Potong melingkar kurang lebih diameternya 8cm. Potong kain polos (saya pakai asian text) sebanyak 4 potong. Potong melingkar dengan diameter kurang lebih 8 cm juga. Gak harus melingkar sempurna juga gak apa ya
2) Pertama ambil kain brokat. Lipat menjadi dua sehingga membentuk setengah lingkaran
3) Jahit dengan jahit tangan dari ujung sampai ke ujung lainnya, lalu tarik (jangan diikat)
4-5) Ambil brokat lain, masukkan benang yang tadi, lakukan hal yang sama seperti no 4. Lakukan sebanyak 4 kali lagi sehingga total mahkota bunga ada 5. Lalu tarik, rapikan. jahit mati dengan menggabungkan mahkota awal dan akhir.
6) Ambil kain polos yg telah dipotong. Lipat dua kali hingga membentuk 1/4 lingkaran. 
7) Jahit dr ujung melingkar, sampai ke ujung lainnya. Tarik
8) Ambil potongan kain polos lainnya masukkan benang yang tadi, lakukan hal yang sama seperti nomor 7 . Lakukan sebanyak 3 kali lagi sehingga jumlahnya 4 mahkota kecil .
9) Tarik, rapikan, jahit mati dengan mengabungkan mahkota kecil awal dan akhir.


10-12) ambil satu potong kain brokat yang bersisa. lakukan hal yang sama sepeti no 6. hanya saya setelah itu ujung yang kanan ke depan, ujung kirinya ke belakang sehingga membnetuk kerucut. 
13-14) gabungkan kelopak besar, kelopak kecil, dan bagian yang kerucut paling atas. jahit.
15) lem bunga tersebut dengan kain keras untuk alas.\
12) jahit pada jilbab yang diinginkan atau bisa juga untuk bros


selamat berbunga bunga
eh selamat mencoba...