instagram

@soratemplates

Saturday, January 26, 2019

Resep Tahu Mamah Bandung

Mamah Bandung, saya menyebutnya begitu. Mamah dari kakak ipar saya yang berasal dari Bandung. Tahun lalu saya ke rumah kakak ipar saya di Bogor, yang kebetulan ada Mamah Bandung di sana. Mamah Bandung membuat satu masakan yang sebelumnya tidak pernah saya makan. Namun sayangnya saya  gak tahu nama masakannya hihi.

Mamah Bandung cerita, ia pernah makan di sebuah rumah makan masakan tahu seperti ini. Mamah bilang, bikinnya singkat. Sambil makan, saya berusaha untuk mencerna resep yang diberikan Mamah Bandung.
Cara membuatnya simple, rasanya tidak sampai 30 menit untuk membuat masakan ini. Beberapa diantaranya saya modifikasi sedikit resepnya, maklum saat itu hanya mengandalkan ingatan dan tidak dituliskan. Hmmm.. rasanya mirip yang Mamah Bandung buat sih, hihi...


Resep Tahu Mamah Bandung


Bahan:
5 tahu putih ukuran sedang, potong-potong
6 siung bawang marah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
Daun bawang 2 tangkai, iris-iris kecil
cabai merah 2 buah, cincang
cabai rawit secukupnya (tergantung selera kepedasan), cincang
Tepung serbaguna (saya campur tepung instan serbaguna sedikit, terigu, dan tepung beras)
Air sedikit untuk adonan
Minyak goreng
Garam secukupnya
Saus pedas dan atau saus tomat.
1/2 tomat ukuran seadng.

Cara Membuat : 
1. Buat adonan tepung serbaguna, tepung terigu, dan tepung beras. Campur rata. Masukkan air sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu encer. Aduk-aduk hingga rata. Masukkan potongan tahu, gulingkan ke badan tahu hingga merata.
2.  Panaskan minyak untuk menggoreng, masukkan tahu yang sudah terlumuri adonan tadi ke dalam minyak tersebut. Goreng hingga garing. Tiriskan.
3. Panaskan 2 sdm makan minyak goreng untuk menumis. Jika sudah panas masukkan bawang merah, bawang putih. masak hingga harum. Lalu masukkan daun awang, irisan cabai, dan tomat. masak hingga tomat agak layu.
4. Masukkan tahu yang telah digoreng, serta saus lalu campur rata. Beri garam.
5. Setelah tercampur rata tunggu  sebentar, siap dihidangkan.

Note : Jika suka, bisa menambahkan irisan bawang bombay saat menumis tadi.


No comments:

Post a Comment