instagram

@soratemplates

Wednesday, December 12, 2018

BPN 12 - Lima Ikhtiar Demi Tubuh Sehat

Via Pixabay.com


Waaa, sudah ketinggalan jauh untuk tema ke-12 ini. Beberapa minggu kemarin saya dan anak-anak harus bolak-balik ke Klinik karena sakit yang sama, terkena radang tenggorokan. Jadi selama beberapa hari saya absen menulis beberapa tema yang telah ditentukan.

Bagi saya Aceh punya cuaca yang cukup extreme, panas menyengat dalam sekejap bisa berubah menjadi hujan deras dan angin yang berhembus sangat kencang. Cuaca seperti ini biasanya membuat kami siaga apalagi kalau kondisi tubuh kurang vit.

Ada beberapa ikhtiar yang saya coba rangkum demi badan sehat dan sebagai pengingat diri di antaranya :
1    1.       Olahraga
Olahraga yang baik itu bukan yang serta merta banyak tapi hanya sesekali dilakukan. Justru olahraga yang sedikit namun rutin itu jauh lebih baik. Untuk urusan olahraga ini, saya yang punya masalah di obesitas tidak boleh melakukan sembarang olahraga. Saya tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga berat, atau pun olahraga yang punya kemungkinan untuk mencederai saya. Saya pun merasa jalan santai, briest walking, ataupun senam tanpa loncat  adalah jenis olahraga yang paling cocok untuk saya.

2    2.       Makan teratur.
Orang gemuk itu tidak ada jaminan 100% untuk tidak terkena penyakit maag. Makan yang tidak teratur merupakan penyebab maag saya kambuh atau masuk angin. Makan yang tidak teratur juga kalau bagi saya secara pribadi malah justru meningkatkan keinginan saya untuk makan-makanan yang cendering punya rasa kuat seperti asam atau pedas. Nah ini tentu malah berdampak kepada kondisi kesehatan lambung saya.

3    3.       Buah dan sayur.
Karena di Aceh ini kondisi cuaca cenderung lebih sering panas, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah salah satu cara untuk mengantisipasi kondisi ketahanan tubuh yang menurun.

4    4.       Air.
Kembali lagi kepada kondisi Aceh yang panas, jika musim kemarau melanda. Saking panasnya saya berada di luar, biasanya sampai mengalami sakit kepala. Nah untuk itu saya harus minum air yang cukup. Ini juga yang saya rasakan ketika puasa, di Aceh ini, godaan puasa bagi saya justru bukan lapar yang teamat sangat tapi justru tubuh seakan meminta terus untuk meminum air yang banyak.

5    5.       Menghalau debu.
Jika musim angin kencang berembus, lokasi tempat saya tinggal bisa dihinggapi debu-debu hitam seperti pasir-pasir pantai. Oleh karenannya, menyapu kadang tak bisa dilakukan sekali sehari tapi harus berkali-kali.

Kadang saya berfikir, Aceh ini padahal hanya dijuluki dengan serambi Mekah, gimana kalau benar-benar berdekatan dengan gurun pasir dan cuaca yang lebih extreme seperti di Mekah ya? Hihi.

Namun apapun itu, kesehatan, sakit, dan kesembuhan. Semua kembali lagi kepada Alla Swt, tugas manusia hanya memaksimalkan ikhtiar untuk itu semua.

Semoga sehat-sehat semua ya teman-teman, agar maksimal dalam berkarya.  

No comments:

Post a Comment