instagram

@soratemplates

Wednesday, November 28, 2018

BPN 9 - Lima Blogger Aceh dan Sunda Sama Saja Serunya

Ilustrasi Via Pixabay


Siapa Blogger favorit? Sebenarnya banyak, tapi berikut  ini beberapa blog yang paling sering saya kunjungi beserta alasannya. Beberapa di antaranya saya kenal pribadi, dan yang lainnya hanya terpesona di dunia maya. Siapakah mereka?

1.       Langit Amaravati
Blognya Teteh Al ini atau yang sering juga disapa dengan Teh Uchan, banyak menginspirasi saya di dunia blogger. Ia yang mengingat saya untuk aktif kembali di Blog, di antara perbincangan kami suatu hari. Saya mengenalnya sewaktu masih berkecimpung di dunia sastra beberapa tahun silam. Setelah ia muncul menjadi blogger, prestasi-prestasi di kepenulisan dan dunia blog sudah tak lagi perlu diragukan. Ia yang seruing memenangkan lomba ini, bahkan membuat beberapa blogger merasa jiper kalau Teteh yang satu ini ikut lomba blog yang sama. Sejujurnya, saya salah satu di antaranya. Haha.
Selain tulisan-tulisannya yang memenangkan lomba, kepiawaiannya dalm merangkai kata menghanyutkan para pembaca untuk masuk ke dalam kisah atau ulasan yang ia buat membuat saya pun tak meragukan kenapa saat lomba blog yang menang selalu Teteh Uchan, seakan ada  slogan 4L lu lagi lu lagi. Hahaha.

2.       Gonta Ganti Hape
Pemiliknya adalah Aa Gogon. Sama seperti Teh Uchan, Aa Gogon ini berdomisili di Bandung. Dokter spesialis gadget kalau saya bilang. Kenapa saya jatuh hati sekali sama blog yang awalnya saya fikir akan membuat mata saya sakit itu dikarenakan warnanya yang terlalu hijau persis kaya hulk, ini karena Aa kalau review tentang gadget, ya apa adanya. Bukan semata karena ‘pesanan’ sponsor, tapi menurut saya Aa tak melulu mengagungkan kelebihan gadget tersebut tapi juga membahas kekurangannya secara detail. Jadi jangan aneh kalau saya mau beli gadget atau merekemondasikan kepada seseorang, saya akn browsing dahulu dengan kata kunci “Review HP *********(nyebut merk dan tipe) Gonta Ganti Hape”.

3.       Padepokan Budi Rahardjo
Blognya Pak Dosen ITB ini saya sering jumpai kalau saya buka-buka wordpress saya dan saya hampir selalu menemukan tulisan Pak Budi Rahardjo dalam timeline blog-blog yang saya ikuti. Artinya apa? Artinya Pak Budi Rahardjo ini konsisten dalam menulis, beliau pun menggunakan bahasa yang sederhana padahal beliau seorang praktisi di dunia akademik, musik, dan tekhnologi ini memuat saya yang awam justru senang sekali membacanya. Ya atuhlah, ibu rumah tangga jangan dikasih bahasa yang aneh-aneh. Haha, intinya yang saya pelajari dari Pak Budi adalah, tuangkan ide secara konsisten pada sebuah blog.

4.       Hikayat Banda
Sebenarnya saya menuliskan ini secara terpaksa, hahaha. Becanda, justru saya banyak belajar dari abang satu ini, yang kalau keseharian saya malas memanggilnya abang, langsung saja Yudi Randa. Yudi Randa ini saya kenal baik online dan offline sewaktu saya gadis dulu di Jakarta dan sama-sama menulis di multiply.com, yang sayangnya multiply telah tetap usia. Blog tentang Aceh terutama yang mengangkat wisata dan budaya Aceh ini yang membuat saya banyak belajar tentang Aceh baik dan buruknya. Walaupun gaya penulisannya ceplas-ceplos dan sedikit lebay, tapi pasti ada hikmah yang ingin Yudi angkat. Membacanya, menjadi semakin saya mengerti tentang sebuah kelucuan hidup dengan bahasa yang mengalir. Yud, traktir gue ngopi ya, karena udah nulis loe. Haha

5.       Lupa Daratan
Awalnya aneh juga dengan nama blog ini, saya fikir, kemana orangnya? Apakah terbawa angin sampai lupa daratan? Ternyata ada alasan kenapa M. Iqbal memakai nama ini dikarenakan ia dulunya seorang mahasiswa kelautan dan perikanan Unsyiah. Di Aceh ini, umumnya para blogger mengusung tema lifestyle atau pariwisata, tapi berbeda dengan tema yang Iqbal angkat yaitu lebih banyak tulisan tentang tekhnologi dan bola. Cukup menarik bagi mamak-mamak yang cita-citanya tak ingin gaptek di usia tua.


Dari Ke-5 Blogger tersebut,tiga di antaranya orang yang berdomisisli di tanah Sunda, dan dua lainnya dari Aceh, tapi sama saja serunya bukan? 
Selamat berselancar semua...

5 comments:

  1. Kenal dan tahu cuma sama Teh Langit, mbak
    Jadi kenal nama blogger2 lainnya juga deh hehee
    Salam kenal ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba teh Uchan ngehitz kemana mana hehe. salam kenal juga ya mba :)

      Delete
  2. Wah, luar biasa.
    Saya suka galau memastikan mana blogger Aceh. Tapi salah satu bogger yang saya kenal baik itu Kak Eky dan Makmur Dimila.

    ReplyDelete
  3. Asyeeeeeekk


    Yg lo nulis hampir rata2 era mp yaa

    ReplyDelete