instagram

@soratemplates

Tuesday, November 20, 2018

BPN-1 Alasan Menulis Blog : Satu Kali Menulis 20 Kali Membaca





Ini adalah hari pertama saya menulis untuk tantangan 30 hari Blog Perempuan Network. Tema yang diangkat untuk hari pertama adalah alasan menulis blog. Hal ini seakan membuat saya flashback ke masa-masa berapa tahun silam.

Saat itu saya menulis blog masih menumpang kepada salah satu platform blog yang sayangnya sekarang sudah almarhum/ah hehe. Sedih memang, kenangan saya hilang begitu saja dari flatporm tersebut tanpa sempat saya berkemas. Saat pertama kali menulis diary virtual yang kerennya disebut blog itu, hanya sebuah keisengan semata, ingin berkawan dengan banyak orang, dan punya ilmu dan pengalaman baru di dunia itu. Sampai pada akhirnmya saya berhenti menulis blog ketika sudah berumah tangga dan beberapa tahun mengurus anak saya yang rentang kelahirannya agak rapat.

Setelah beberapa tahun berlalu saya akhirnya menulis kembali blog dan mulai mengelola dua akun blog. Yang satu di www.karyaibu.com ini dan satu lagi di SINI. Saya sengaja memilih dua 'ibu' yang berbeda untuk blog saya, yang satu berinduk kepada Blogspot dan yang satu lagi kepada Wordpress. Kalau blog yang saya tulis sekarang ini lebih banyak bicara tentang dunia yang berhubungan dengan literasi, kerajinan tangan, dan segala macam yang berhubungan dengan edukasi. Berbeda halnya dengan blog yang INI, saya banyak bercerita tentang kisah hidup saya secara pribadi sebagai pengingat diri dan juga mudah-mudahan bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya.

Ada hal yang menarik juga ketika saya bertanya kepada diri sendiri selain alasan menulis blog untuk menasehati diri dan  sebagai amal sedekah keilmuan saya, semakin saya menilik lebih dalam lagi, ada kekhawatiran sebenarnya dalam diri saya tentang kepikunan atau sifat pelupa lebih dini. Pasalnya, gejala-gejala ini semakin lama semakin sering kentara. Berbeda halnya ketika saya menerima apapun di hidup saya yang saya rasa menarik untuk dibagikan dan saya menulisnya, maka hal itu memuat lebih lama berada di memori saya ketimbang saya tidak menuliskan atau membagikannya. Benar pepatah yang guru saya pernah ucapkan semasa masa SMP dulu, “Satu kali menulis, sama dengan 20 kali membaca”.

Pengarsipan di blogpun menurut saya bisa diatur dengan efektif, sehingga suatu saat kita ingin membaca tulisan yang ingin kita cari menjadi  mudah untuk ditemui.

Semakin saya menjawab pertanyaan mengenai alasan menulis blog semakin saya percaya, menulis blog adalah salah sumbangsih karya kita untuk para pembaca yang bisa jadi sebagai salah satu cara untuk kita dan orang lain pelajari mengenai masalah-masalah yang terjadi di hidup kita saat ini.

Semangat menulis, semangat berkarya untuk semua.

Picture : Pixabay.com


No comments:

Post a Comment