instagram

@soratemplates

Friday, October 19, 2018

DIY Mainan Edukasi Anak, Belajar Jualan


Sebenarnya permainan ini saya buat saat Ghaissan belum duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Tapi coba saya ceritakan dan tuliskan sedikit mengenai permainan yang beberapa tahun lalu saya buat.

Permainan ini terinspirasi dari beberapa momen, Ghaissan yang sering melihat saya berjualan dari ia kecil baik itu online atau offline membuat ia merasa dekat dengan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi jual beli. Kadang di beberapa waktu, saat ada pelanggan datang, dia yang sibuk menawarkan baju. Ada pelangan yang pernah bilang, “ini kaya Abi dan Bundanya”. Saya dan Abi Ghaissan memang sedari dulu memutuskan untuk menjadi pelaku wirausaha.

Akhirnya saya menemukan ide untuk mengenalkan Ghaissan dan Adiknya (yang berbeda 19 bulan) transaksi jual beli yang bisa mereka fahami. Permaian ini cocok dilakukan untuk anak preschool - usia TK

Apa saja yang diperlukan untuk permainan ini?
1    1.    Uang-uangan kertas
Saat itu saya membuat uang-uangan kertas dengan menggunting kecil kertas-kertas lalu saya bubuhkan nominal pada kertas kecil tersebut. Kalau mau menggunakan uang kertas yang sudah jadi juga boleh. Gambar dan bahan lebih menarik. harganya di Aceh ini sekitar Rp. 2.000 – Rp. 5.000. tapi tentu membuat sendiri lebih hemat.
2    2.    Tali / benang yang agak tebal
3    3.    Bangku plastik sebagai tiang
4    4.    Baju-baju buatan
Saya membuat gambar baju-baju buatan seperti, celana, rok, dress, atasan jilbab, dari bahan kertas, kertas ini lalu saya  gunting dan kasih sedikit warna agar lebih menarik. saat membuat ini saya jadi ingat mainan kecil saya, bongkar pasang (BP-BPan)💓
5.    Jepitan kertas
Untuk menjepit baju dan tali.
6    6.   Dompet kertas.
Dompet ini dibuat dengan melipat kertas semacam amplop, lalu diberi nama sesuai nama pemiliknya.

Cara memainkan permainan ini sangat mudah, ikat tali pada kaki bangku plastik. Lalu jepit baju-baju kertas menggunakan penjepit kertas. Setelah itu tentukan siapa penjual dan pembeli. Permainan ini juga bisa mengajarkan anak proses menjemur baju.

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat ya...


4 comments: