instagram

@soratemplates

Friday, August 17, 2018

Gunting Memperbaiki Gunting, Begini Cara Memperbaiki Gunting yang Jatuh.

Beberapa bulan lalu di salah satu grup whatsapp suplier bahan tempat di mana saya  biasa membeli bahan sedang seru membahas tentang gunting dari yang mahal sampai murah. Maklum saja rata-rata di grup tersebut berprofesi sebagai penjahit.
Gunting yang kami obrolkan memiliki harga dari mulai beberapa puluh ribu sampai yang harganya sampai hampir 1 jutaan yang menjadi salah satu wishlist beberapa penjahit. Saat itu, ada yang berseloroh "Gunting murah atau mahal kalau sudah jatuh sama saja".
Kenapa bisa sama saja? Gunting yang terjatuh dapat berpengaruh terhadap penurunun kualitas hasil guntingan,  salah satunya menjadi tumpul.

Gambar di atas adalah gunting kain saya yang berwarna hitam. Gunting tersebut merupakan gunting gratisan yang diberikan kepada saya oleh salah satu intansi di Aceh bersamaan dengan sebuah mesin jahit portable. Sayangnya saya lupa apa merek gunting kain tersebut, karena kardus gunting tersebut menghilang. Yang tersisa hanyalah ukiran huruf mandarin pada gunting tersebut, yang kebetulan saya tidak tahu apa namanya, artinya, dan bagaimana cara membacanya hihi.
Gunting tersebut sejauh ini merupakan gunting kesayangan saya. Gagangnya yang berat dan ketajaman mata pisaunya sangat diandalkan, memudahkan saya memotong kain. Gagah dan ajeg di genggaman. Ujung gunting yang runcing memudahkan saya untuk menngunting beberapa sudut dan ujung gunting tersebut dapat menggunting lingkaran dengan mudah.

Sayangnya, karena kondisi tempat saya tinggal dekat dengan laut, sehingga sepertinya itu yang menjadi alasan gunting ini pada akhirnya cepat berkarat.

Hari ini, anak saya yang kedua, Qaysarah sedang mengalami tantrum. Penyebabnya karena mungkin habis terjatuh, jadi bawaannya marah-marah karena lututnya sakit. Qaysarah sengaja membanting gunting kesayangan saya. Seperti dugaan saya ketika mengambilnya, saya mencoba menggunting kain dan gunting tersebut langsung tumpul.
Saya cek di bagian engselnya ternyata engselnya kendur.

Inilah penyebab utama gunting yang terjatuh menjadi tumpul. Engsel kendur.
Saya coba untuk memperbaiki engsel yang menonjol keluar dan nampak longgar itu. Sayangnya tidak ada tang. Saya mempunyai ide memutar engsel dengan gunting lainnya. Engsel pun terasa lebih ketat. Alhamdulillah akhirnya gunting kesayangan saya tajam lagi.

Ada beberapa cara juga memperbaiki gunting yang tumpul bukan karena terjatuh, melainkan tumpul karena waktu dan  juga akibat terlalu sering dipakai. Caranya adalah dengan menggesekkan bagian runcing gunting tersebut ke leher botol yang seakan-akan kita hendak menggunting leher botol tersebut. Selain itu bisa dengan cara mengasahnya menggunakan pisau pengasah.

Selamat mencoba ya..
Semoga berhasil,
Do'aku menyertaimu hihi


No comments:

Post a Comment