instagram

@soratemplates

Saturday, December 2, 2017

Tutorial Jilbab Anak Non Pet Antem, Mendadak Merah

Bukan-bukan mendadak dangdut.. Kenapa  judulnya harus tutorial jilbab anak mendadak merah ini tentulah ada asal muasalnya hihi.. Kebetulan ada sepupu Ghaissan yang ulang tahun siang itu, dari pagi galau aja mau ngasih kado apaan, ada sih di toko. Tapi inget dulu rasanya ada janji mau bikin jilbab. Pas kebetulan ada bahan yang pas banget buat jilbab. Lupa namanya. Seperti katun tapi agak strech gitu. Sambil buat jilbab sambil cekrek cekrek untuk bikin tutorial jilbab anak. Yuk, silahkan yang mau nyimak 👧


1. Potong ukuran jilbab yang biasa dipakai anak, kalau yang aku buat judulnya mengira-ngira. hehe. Polanya juga emang gak ada. Untuk jilbab anak biasanya aku langsung kreek kreek gunting di atas jilbab. mungkin ini karena faktor kebiasaan ya, saking seringnya bikin jilbab anak...hehe.
Selanjutnya  buat persegi panjang dengan lebar kira 3,5 cm. Panjangnya mengikuti panjang dari dagu bertemu lagi ke dagu. Aku juga nyiapin beberapa  potog kecil rempel. Yang Perlu diingat bahwa, saat memotong rempel. gunakan perumusan. panjang kerung bawah jilbab + (jumlah lipit x lebar lipit)+kampuh.  contohnya, panjang kerung  bawah jilbab (120cm ) + (20 lipit  x 2 cm setiap lipit) + kampuh kiri kanan 4cm . Jadi kita potong panjang untuk renda lipitnya 164 cm. Bagaiamana kalau panjang bahan tidak cukup? Ya seperti yang  saya buat beberapa kali, lalu nanti tinggal di beri  kampuh kanan kiri untuk menyambungkan.
2. Potong kain kerah/vislin/kain pelapis berlem (jangan yang terlalu kaku, yang tipis saja). Dengan panjang yang sama untuk persegi panjang yang telah kita buat (yang tadi lebarnya berukuran 3, 5cm), untuk lebar buat hanya 3 cm.
Lekatkan kain vislin tersebut dengan menyetrikanya di bagian dalam kain persegi panjang.  Tips agar kain vislin tidak melebar. Cara menyetrikanya yaitu ke atas dan ke bawah. Tidak disetrika maju mundur, kecuali setelah kain vislin melekat ke kain persegi panjang tersebut.
3. Tampilannya seperti gambar di atas. jadi ada setengah cm sisa kain yang tidak terkena vislin. Ini gunanya untuk kampuh.
4. Jahit bagian kampuh tersebut kebagian dalam. ini berguna ketika persegi panjang berlapis vislin ini mudah dikjahit tindis selanjutnya.
5. Lekatkan kain bagus jilbab bertemu dengan kain bagus persegi panjang. Jadi lapisan vislin tadi menghaap aku yah, lalu jahit
6. Buka lalu balikkan ke belakang.
7. Jahit tindis dari kain bagus bagian dasar jilbab. Jahit tindis bebererapa baris. Sampai ke ujung bagian akhir.
8. Aku buat jahit tindis dengan beberapa variasi ada yang model jahit biasa ataupun zigzag.
9. Setelah dijahit. Balik. Lekatkan bagian bawah ke bagian dagu bertemu dagu. rapikan sampai bawah. kasih pentul. Jahit seperti ini

Sisa dari jahitan tadi bisa diobras
10. balikkan jilbab dan jilbab tersebut akan menjadi seperti nomor 10 di gambar atas.

11. Ambil kain untuk renda lipit tadi.. Lekatkan pada bagian bawah jilbab yang telah jadi. Tips dari aku, sebelum dilekatkan beri tanda tepat ditengah bagian visilin tersebut. dan juga beri tanda tepat ditengah bagian dasar jilbab tersebut, hal ini berguna agar jilbab setelah disatukan tidak panjang sebelah.  Pentuli pada bagian lipitan. jahit melingkar.
12. Bagian bawah bisa di neci/sersak/menggunakan sepatu kelim ukuran kecil seperti yang saya lakukan.
13. Balikkan dan akan jadi seperti ini.
14. Untuk mempermanis. jahit  renda bagian sambungan lipitan tesebut.
15. Jilbab non pet antem, siap digunakan.

Tutorial ini berlaku untuk jilbab dewasa juga ya hanya saja perlu dicermati ukuran bagian antemnya dan bagian utama jilbab. Dibuat lebih besar.

Selamat mencoba.👌


No comments:

Post a Comment