instagram

@soratemplates

Monday, October 2, 2017

Tutorial Bunga Tumpuk




Yak, pada dasarnya entah kecentilan entah apa, kalau ada yang pesen jilbab di toko saya. Saya bikinin design yang special tergantung maunya pelanggan, termasuk bagian perintilan. Nah perintilannya ini, kalau udah pernah dibuat rasanya males untuk mengulang di jilbab yang selanjutnya.
Tutorial kali ini kita bahas bunga merah.. semacam red flower gitu laaah emang red flower mah bunga merah haha, gak tau juga mau namain bunga ini apa.

Ini biar cepet jadi aja, membuat bunga yang simple tapi model tumpuk. Jadi dasar-dasar simple membuat bunga dari kain perca tapi banyak model.
Ini dia langkah langkahnya :


1) Potong kain bertekstur (saya pakai brokat) sebanyak 6 potong. Potong melingkar kurang lebih diameternya 8cm. Potong kain polos (saya pakai asian text) sebanyak 4 potong. Potong melingkar dengan diameter kurang lebih 8 cm juga. Gak harus melingkar sempurna juga gak apa ya
2) Pertama ambil kain brokat. Lipat menjadi dua sehingga membentuk setengah lingkaran
3) Jahit dengan jahit tangan dari ujung sampai ke ujung lainnya, lalu tarik (jangan diikat)
4-5) Ambil brokat lain, masukkan benang yang tadi, lakukan hal yang sama seperti no 4. Lakukan sebanyak 4 kali lagi sehingga total mahkota bunga ada 5. Lalu tarik, rapikan. jahit mati dengan menggabungkan mahkota awal dan akhir.
6) Ambil kain polos yg telah dipotong. Lipat dua kali hingga membentuk 1/4 lingkaran. 
7) Jahit dr ujung melingkar, sampai ke ujung lainnya. Tarik
8) Ambil potongan kain polos lainnya masukkan benang yang tadi, lakukan hal yang sama seperti nomor 7 . Lakukan sebanyak 3 kali lagi sehingga jumlahnya 4 mahkota kecil .
9) Tarik, rapikan, jahit mati dengan mengabungkan mahkota kecil awal dan akhir.


10-12) ambil satu potong kain brokat yang bersisa. lakukan hal yang sama sepeti no 6. hanya saya setelah itu ujung yang kanan ke depan, ujung kirinya ke belakang sehingga membnetuk kerucut. 
13-14) gabungkan kelopak besar, kelopak kecil, dan bagian yang kerucut paling atas. jahit.
15) lem bunga tersebut dengan kain keras untuk alas.\
12) jahit pada jilbab yang diinginkan atau bisa juga untuk bros


selamat berbunga bunga
eh selamat mencoba... 

3 comments:

  1. mantappp,,teruslah bekarya,kami cm bisa kasih dukungan terutama jd penggembira , lope lope nia

    ReplyDelete