instagram

@soratemplates

Wednesday, October 4, 2017

Puzzle Iqro, Menuju Iqro 2

Walaupun pergi ngajinya byar pet byar pet, entar ngaji, ntar ga, dikarenakan berbagai alasan. Akhirnya si Entong mulai baca EBTA untuk kenaikan Iqro 2. Ini anak sebenarnya cepat dalam hafal, tapi kalau diperhatikan sering kurang fokus kalau di pengajian, asik lihat-lihat kawannya yang berlalu lalang. 

Saya sebenarnya tidak mengharuskan Ghaissan cepat naik ke Iqro selanjutnya, tapi harapan saya yang penting dia bisa melafadzkan huruf-huruf hijaiyah dengan sebenar-benarnya. Maklum saya memang dari kecil punya keterbatasan, bicara dan pelafalan saya termasuk cadel. Jadi kalau untuk mengajarkan huruf hijaiyah yang benar saya agak grogi hihi.

Nah, ada permainan yang saya adaptasi dan pernah saya lihat waktu blogwalking, blognya orang luar, saya lupa di blog apa tepatnya. Yang saya ingat, pemilik blog tersebut membuat puzzle dari stik eskrim. Saya adaptasi untuk membantu proses ujian Ghaissan ke Iqro 2. 

Cara membuatnya gampang saja. Pertama saya dempetkan 3 stik eskrim. Saya tulis huruf-huruf hijaiyah dengan spidol warna warni. Huruf hijaiyahnya saya buat acak. 3 stik eskrim itu memuat dua  huruf hijaiyah.

Nah jadi deh puzle.

o iya, karena keterbatasan warna spidol, saya hanya memakai sedikit warna, jadi ada kekhawatiran Ghaissan atau bahkan saya hihi, susah untuk menyusunnya, terutama di stik eskrim pertama karena penuh tanda / (fatah). Jadi untuk menyiasati ini, dibelakang stik ini saya beri tanda dengan penomoran yang sama untuk satu kelompok (terdiri dari 3 stik eskrim). Alhamdulillah Ghaissan senang dan semangat belajar sambil bermain puzle ini.

Permainan ini sangat irit. saya hanya mengeluarkan kurang lebih Rp. 3.000,- untuk 50 stik eskrim.

Selamat mencoba.

2 comments: