instagram

@soratemplates

Saturday, October 21, 2017

Kata Ghaissan : Mainan Kereta Api

Akibat dari pertanyaan di group emak-emak Home Education Aceh, tentang salah satu anaknya yang susah untuk menuliskan huruf sesuai urutan. Plus, Ghaissan yang suka tiba-tiba males nulis nama sendiri dan ribut capek karena namanya kepanjangan. Akhirnya saya buat mainan ini yang diadaptasi dari bacaan yang pernah saya baca terkait ini dan saya modif-modif sedikit.
Jadilah permainan ini, entah apa namanya. Ghaissan bilang 'mainan kereta api' oke lah ntong, boleh juga.

Mainan kereta api ini dibuat dengan menggunakan karton-karton aneka warna. Alhamdulillah, rezeki entong.. dapet setumpuk karton-karton sisa dan masih bagus-bagus dari Pak Usman yang punya usaha fotocopy dan juga percetakan. Berhubung beliau dan istrinya tahu kami suka buat-buat mainan bocah (iya bolak balik bae ke kedai fotocopy beliau beli alat-alat tulis apa aja haha) jadi ini digratisin katanya buat anak-anak belajar.

Yuk lah kita bikin ini dia tutorialnya :






Setelah jadi, cara memainkannya hanya di geser-geser saja, sampai menemukan urutan huruf yang benar dan membentuk nama anak. setelah itu. ghaissan saya suruh untuk menulis namanya di kertas lain. Alhamdulillah metode ini sepertinya cepat dia cerna. saya ganti lagi dengan nama saya NIA. dia malah sampe inget di luar kepala. E tiba-tiba saya lihat nama saya tertulis dengan spidol hitam pekat di dinding toko di antara baju baju yang terpajang. Baiklah entong, kagak ngapa-ngapa yang penting ntong belajar dan jangan banyak-banyak nyoret di dinding toko, hihi. Alhamdulillah berarti permainan kereta api, masuk di otaknya.

Untuk anak-anak yang masuk ke iqro 2 atau 3, mainan ini juga bisa diadptasi. Tulis kata misalnya kitabun, maka dari kata tersebut kita cari huruf hijaiyah yang membentuk kata tersebut berupa huruf kaf, ta, ba. 

tut tut tut.. siapa hendak mencoba...
 

No comments:

Post a Comment