instagram

@soratemplates

Monday, September 25, 2017

Tas Serut Sederhana

Anak memang menjadi inspirasi seorang ibu berkarya. Seperti halnya Ghaissan yang beberapa bulan lalu dibelikan tas ransel untuk pergi mengaji, tas ransel tersebut hanya bertahan beberapa hari. Harus direlakan karena tertinggal di angkot, Emak pun gak sadar karena saat itu bawa tiga anak hihi.
Lalu mulailah cari model tas yang benar-benar simple dan bisa dibuat dari bahan bahan yang ada di rumah. 

Menjahit tas ransel serut ini juga yang menjadi tema NEP di pertemuan pertama.. (bisa klik disini untuk membaca sekilas tentang NEP). 

Jahit model sederhana  ini bisa dilakukan dengan waktu kurang dari 30 menit. Karena pada dasarnya menjahit tas model serut ini hanya menggunakan tekhnik dasar menjahit lurus.



Bahan  yang diperlukan : 
kain  (bisa kain yang sudah tak terpakai )
tali , bisa tali sumbu / tali kur , tali rajut kaos tyarn (saya menggunakan tyarn )


Berikut cara yang saya gunakan saat menjahit tas ransel serut sederhana ini.


1. Potong kain dengan ukuran 88cm x 35 cm
2. Beri garis bantu bantu 6 cm kiri dan kanan . 6 cm di setiap sisi kanan dan kiri digunakan untuk kampuh jahitan yang akan dilipat untuk bibir tas. 
3. Beri tanda dua cm di kanan kiri, atas bawah seperti tanda merah point no 3. Dua cm ini akan digunakan untuk melipat tempat keluar masuk tali agar terlihat rapi


























4. setelah diberi tanda dan digunting, 2cm yang tadi dilipatt ke bagian dalam. lakukan untuk setiap kanan kiri, atas dan bawah seperti gambar nomor 4.

5. setelah itu lipat kembali kampuh 6cm  masing-masing kanan dan kiri tadi sebanyak dua kali lipatan. seperti pada gambar nomor 5.


6. Potong kain ukuran 6cmx6cm sebanyak dua buah. potongan kain ini nantinya digunakan untuk kaitan tali di pojok bawah kanan dan kiri tas. 
7. Lipat sisi kain yang kiri dan kanan ke tengah. 
8. Lipat kembali sehingga masing-masing kiri dan kain lipatan bertemu. Lalu dijahit.


9. Pertemukan kain bagus dengan kain bagus. Masukan potongan kecil kain yang tadi dijahit di antara kain bagus yang berhadapan . Lakukan seperti pada gambar. Jahit bagian sisi dari atas ke bawah dan lakukan hal yang sama untuk sisi selanjutnya 
10. balikkan kain lalu akan terlihat seperti gambar.

Cara memasukkan tali pada dasarnya hanya membutuhkan  satu tali saja. Lihat alur memasukkan tali seperti gambar di bawah ini 




Selamat berkarya ...

No comments:

Post a Comment