instagram

@soratemplates

Tuesday, September 26, 2017

[Resensi Buku Anak] Sumayyah binti Khabath Syahidah Pertama

Judul                     : Sumayyah binti Khabath Syahidah Pertama
Penulis                 : Ridha Anwar
Editor                    : Yani
Ilustrasi                : Pixelmint
Penerbit               : Gema Insani
ISBN                      : 978-602-250-0834
Cetakan Pertama, Jumaidil Awwal 1434 H – Maret 2013 M
PhotoGrid_1498088589883
24 halaman
Ketika bermunculannya karakter super heroes atau karakter fantasi anak yang akhir-akhir ini banyak digandrungi, pengenalan tokoh-tokoh nyata dalam dunia keislaman di zaman Rasulullah sangatlah perlu. Untuk mengimbangi apa yang mereka lihat dan mereka tonton pada saat ini.

Mungkin bagi sebagian orang, anak-anak atau pun dewasa, termasuk saya 😀 , belum mengetahui siapakah sebenarnya bunda Sumayyah dan perjuangann yang telah dilakukan olehnya.
Buku ini merupakan satu dari sepuluh (10) buku yang merupakan seri dari kisah shahabiah yang diterbitkan oleh Gema Insani. Ketika membeli buku ini, puteri bungsu saya menjatuhkan pilihannya kepada buku ini. Memang pilihan yang tepat, buku ini  selain bisa dibaca untuk anak usia sekolah, bisa juga untuk anak saya yang usianya masih di bawah lima tahun.
Setiap halaman memuat ilustrasi yang besar memenuhi setiap halamannya. Tulisan yang disajikan tidak terlalu banyak, sehingga untuk anak-anak usia pra sekolah, dapat membaca gambar di dalam buku ini. Tentu dengan bantuan orang tua atau orang dewasa yang dapat menjelaskannya.
Buku ini pun dimulai dengan alur cerita masa kini. Komunikasi anak-anak sekolah sehabis pulang sekolah. Layaknya anak-anak yang dapat menceritakan kembali apa yang orang tuanya ceritakan, si dalam buku ini terdapat alur cerita ke masa silam membawa cerita tersendiri kepada keluarga Summayah yang diuji keimanannya.

Banyak pesan moral yang bisa kita ambil hikmah dibuku ini,  tentu hal ini  butuh penjelasan dari orang tua atau dewasa yang membacakan untuk anak-anak usia pra sekolah.  Hikmah di dalam buku ini adalah mengenai kasih kepada sesama dan tentang perjuangan keimanan seorang muslim.
Walaupun buku ini merupakan buku dari seri kisah shahabiyah, bukan berarti anak putera tidak bisa membacanya lho.. di dalam buku ini bukan hanya digambarkan komunikasi anak-anak perempuan tetapi juga anak laki-laki dengan teman seusianya. Ini berarti bahwa Anak-anak laki-laki pun bisa ikut membacanya. Jadi buku ini bukan buku yang ‘perempuan’ sekali.

No comments:

Post a Comment