instagram

@soratemplates

Wednesday, September 27, 2017

[Resensi Buku Anak] Benda-benda yang Bisa Mulur & Mengerut



Judul Buku          : BENDA-BENDA YANG BISA MULUR & MENGERUT
Penulis                  : Kee Hwa Jang
Ilustrator             : Soon Young Kim
Judul Asli             : It Streches and Shrinks
Penerjemah        : Rosi L. Simamora
Penerbit               : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN                      : 978-979-22-6108-0
Diterbitkan pertama kali oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, September 2010

“Tahukah kau ada benda-benda yang bisa mulur dan mengerut? Sol Sepatu, sarung tangan karet juga ketapel adalah contoh-contohnya.”
“Bisakah kau menyebutkan apa lagi? Yuk kita mengenal benda-benda lain yang bisa mulur dan mengerut.”

Benda-benda yang bisa mulur dan mengerut banyak terdapat di kehidupan kita, di rumah, di sekolah, di tempat bermain, dan di sekeliling kita. Untuk mengenalkan benda-benda yang bisa mulur dan mengerut kepada anak, inilah buku yang tepat.
Buku ini adalah buku Seri Ilmuan Cilik yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Seri Ilmuan Cilik mengajak anak-anak bertualang sambil bercerita lewat cerita sehari-hari yang konyol.
Buku ini bisa dibaca oleh segala usia, terutama anak-anak. Dengan ilustrai yang menarik, buku ini membuat para pembaca mudah sekali memahaminya. Ilustrasi yang besar-besar dengan penggambaran karakter yang lucu mudah difahami anak. Tulisan yang terdapat dalam buku ini pun singkat-singkat, sehingga anak usia dibawah lima tahun pun, atau anak-anak yang belum bisa membaca, dapat membaca lewat ilustrasi menarik yang pada akhirnya mudah untuk difahami.

Isi dari buku ini sangat relefan dengan kehidupan anak, benda benda yang mulur dan mengerut digambarkan banyak terdapat di rumah dan di tempat tempat bermain anak. Seperti sol sepatu, sarung tangan karet, pegas  pada tempat tidur, karet di celana ayah, dll.
Bagi saya, sebagai pencerita bagi dua orang anak saya yang balita dan belum bisa membaca, bagian yang paling saya suka adalah ketika menerangkan karet di pinggang celana ayah dan pegas pada tempat tidur. Anak-anak saya tertawa riang, ketika mereka saya suruh untuk mempraktekan apa yang ia lihat dan ia dengar dari cerita saya tentang buku ini.
PhotoGrid_1497569584346.jpg
Saya menyuruh mereka berdiri lalu saya menarik karet dipinggang celana tidur mereka. Mereka tertawa sambil mendengarkan pengertian tentang benda benda yang dapat mulur. Lalu, saya juga menyuruh mereka untuk lompat-lompat di kasur berpegas. Toong-toing. Mereka tertawa. Saya jelaskan kembali, di dalam tempat tidur yang mereka lompati terdapat pegas. Pegas tersebut dapat mengerut dan kembali seperti semula jika tidak dilompati. Di dalam buku ini juga, dijelaskan akibat yang bisa didapatkan apabila terlalu sering loncat di atas kasur yang berpegas.
Selain itu masih banyak lagi benda benda yang bisa mulur dan mengerut yang dijelaskan di buku ini, dengan bahasa yang sederhana, gambar-gambar yang ekspresif, dengan perpaduan warna yang menarik dilihat oleh anak.
Selain penjelasan tentang benda benda yang bisa mulur dan mengerut, buku ini juga menyertakan evaluasi. Di dalam buku ini ada gambar seorang anak yang sedang duduk di antara benda-benda yang berserakan di sekelilingnya. Tugas anak yang membaca atau mendengarkan cerita, adalah menebak benda-benda apa saja yang bisa mengulur atau mengerut.
Saat bagian evaluasi ini dibacakan kepada dua anak saya. mereka pun berlomba-lomba untuk menyebutkan benda-benda yang bisa mulur dan mengerut yang terdapat dalam gambar evaluasi tersebut, seru kan?
Sampul buku ini sangat ekfresif, ceria, penuh warna dan juga merupakan jenis sampul hard cover. Namun bagi saya ada yang sedikit kurang, seri ilmuan cilik ini tidak dituliskan rentang usia  yang kira-kira efektif untuk pembaca buku ini. Jadi menurut saya, lebih bagus lagi apabila Seri Ilmuan Cilik, dibuatkan level sehingga apabila orang tua membeli buku ini, walaupun di segel,  orang tua dapat menyesuaikan dengan usia anaknya.
Dari 1-5 bintang, Saya beri 4,5 bintang untuk buku ini.
Selamat membaca dan bercerita!

No comments:

Post a Comment