instagram

@soratemplates

Wednesday, September 27, 2017

[Resensi Buku Anak] Ayo Berkreasi Menyambut Hari Raya Islam

Judul                     :  Ayo Berkreasi menyambut Hari Raya Islam
Penerbit              : Erlangga for Kids
Penulis                 : F.F.A Riyadi
Tim Kreatif          : Nabila, Sari, Reri S.R.
Editor                    : Kiki Sulistiyani
ISBN                       : 979-781-113-1
32 Halaman


Siapa yang tidak senang menyambut hari raya islam, anak-anak sampai orang tua. Hari dimana silaturahmi dan takbir berkumandang. Anak-anak suka cita, orangtua penuh senyum di wajahnya. untuk menyambut hari besar itu, bisa kok kita buat banyak hiasan dan aneka kreasi yang dapat sama-sama kita buat bersama si kecil.

“Dari buku ini, kamu pasti akan mendapatkan banyak ide-ide kreatif membuat prakarya yang bernafaskan Islam! Ditemani Uli si Unta dan Doli si Domba, kamu akan diberi petunjuk satu per satu bagaimana membuat berbagai hiasan indah yang ternyata sangat mudah dan sangat istimewa.”

Buku ini merupakan satu dari sekian banyak seri Ayo Berkreasi yang diterbitkan oleh Erlangga for Kids. Buku yang penuh dengan taburan bintang, bisa kita lihat dari mulai cover yang sangat menarik dan juga hampir di setiap halaman. kalau saya lihat cover ini, pikiran saya menjelajah kepada masa-masa kecil saya ketika handphone belum ada. Menunggu pak pos tiba, tukar-tukar kartu lebaran bersama teman-teman. Walaupun ada sebagian kartu pos yang diterima, merupakan kartu pos percetakan, tapi ada juga beberapa yang merupakan kartu-kartu lebaran hasil kreasi sendiri.

Dari buku ini, mengasah pembaca untuk bukan saja membuat kreasi-kreasi kartu tapi juga hiasan-hiasan yang dapat kita taruh di sudut-sudut rumah. Seperti ketupat warna-warni yang bisa kita taruh di dinding atau di parcel lebaran, beduk kecil yang bisa kita taruh di meja tamu, atau juga rantai bulan-bintang yang bisa kita taruh di depan kamar si kecil.
Kreasi ini juga sebenarnya bisa mempunyai nilai edukasi tersendiri untuk anak-anak yang belum faham betul apa itu hari raya agama Islam. Membuat mereka lebih semangat untuk menyambutnya. Di dalam buku ini terdapat enam belas (16) contoh kreasi untuk menyambut hari raya Islam. Selain itu di dalamnya juga terdapat dua halaman sticker yang bisa dikreasikan bersama kreasi yang kita buat. Untuk anak-anak saya yang masih balita dan belum banyak bisa berkreasi dengan bentuk-bentuk sempurna, sticker ini menjadi ‘hadiah’ yang cukup menarik di buku ini.
Bentuk dari stickernya sangat lucu, ada masjid, bunga, ketupat, unta, domba dan banyak hal yang berkaitan dengan sesuatu yang mencirikan keIslaman dan ketimurtengahan.
Seperti layaknya buku tutorial, didalam buku ini ditampilkan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat suatu kreasi dan juga cara lengkap dengan ilustrasi-ilustrasi yang mendetail. Untuk anak usia sekolah dasar, ilustrasi ilustrasi yang diberikan cukup jelas dan sederhana.

Sedangkan, untuk usia pra sekolah, membentuk aneka kreasi seperti bebek, domba, untua, rumput mengajarkan mereka untuk menambah kosa kata dan nama-nama hewan. Sebagai orang tua kita juga bisa menjelaskan tentang ekosistem tersebut, contohnya, di mana biasanya domba hidup, di mana biasanya unta hidup dll.
Kreasi-kreasi yang menarik ini juga bisa dijadikan kegiatan yang positif saat bulan ramadhan lho, apalagi saat menunggu adzan Magrib berkumandang. Atau yang biasa disebut dengan ngabuburit.
Dari sekian banyak contoh kreasi yang disajikan di buku ini, semuanya terlihat menggunakan barang-barang baru. Padahal bisa juga memanfaatkan kreasi-kreasi daur ulang yang bisa kita manfaatkan dari barang-barang bekas di rumah semisal kardus susu, perca kain dsb.
Foto-foto asli yang disajikan di buku ini jg sangat bagus dan menarik. bagi saya buku ini sangat semarak, mengingatkan bahwa waktu hari raya agama islam adalah waktu-waktu yang sangat spesial.
Dari lima bintang saya kasih 4 bintang untuk buku ini.
Sebentar lagi hari raya umat islam akan tiba. Tertarik untuk mencobanya?

No comments:

Post a Comment