instagram

@soratemplates

Sunday, September 24, 2017

Ide Ghaissan, Kali Ini Boleh Pegang Tablet

Ghaissan, yang beberapa hari lagi menjelang usia 5 tahun, sudah mulai mengaji sore di TPA semenjak usianya 4 tahun. Terkadang, Ustadz dan Ustadzahnya memberi ia tugas menggambar atau menulis huru a, ba, ta,tsa, dan juga mewarnai sambil menunggu giliran mengaji. Begitupun kawan-kawannya. 

Kawan sekelas TPA Ghaissan rata-rata sudah TK atau kelas 1 jadi mereka sudah bisa memberi nama di atas kertas yang dibagikan Ustadz-Ustadzahnya. terkecuali Ghaissan yang kadang hanya menulis A saja. I saja, dan huruf yang pernah ia lihat dan ia ingat di kepalanya.

Terkadang saya bilang ke Ustadznya kalau kertasnya Ghaissan tolong ditulis nama, namun saya berfikir, baiknya memang ya dia saya ajari menulis nama sendiri pelan-pelan. Saya bilang ke dia "Bunda gak apa Ghaissan belum bisa baca, atau menulis huruf-huruf tapi seenggaknya Ghaissan bisa nulis nama Ghaissan sendiri". Iya, saya belum mau mengajari ia membaca dan mengeja. Biar dia yang meminta karena memang dia tertarik bukan karena karena  terpaksa.

Saya hanya mengenalkan Ghaissan sekedar huruf-huruf,. Itupun kalau dia mau, kalau tidak mau, ya sudah. Toh usianya masih usia bermain, fikir saya.

Hari ini saya hanya berniat untuk ia bisa melenturkan tangannya menyambung garis putus putus. Tapi takjubnya saya hari ini, dia punya ide belajarnya sendiri.

Sempet sih, emak si entong ini udah mau merepet aja, lihat dia bawa-bawa tablet. iya saya punya aturan kalau belajar Ghaissan dan Qaysarah tidak boleh sambil bawa tablet dan hp siapapun. biar bermain dan belajarnya khusu, dan kita fokus dengan yang kita kerjakan.

Dia duduk, membawa tablet dan kertasnya. dia mulai menulis huruf huruf di kertas yang dia bawa, huruf X.. "Ini huruf apa Bunda?" sesekali ia bertanya.. setelah selesai menulis di kertasnya ia kembali mengikuti langkah-langkah menggerakkan tanganntya di tablet. Ternyata ia membuka aplikasi menulis huruf di tablet.

Ia lanjut dengan menulis huruf Y di kertas, lalu menggerakkan tangan kembali di tablet.
Lalu menulis huruf Z di kertas, lalu menggerakkan tangan di tablet, berlanjut sampai beberapa huruf.
Iya nak, boleh, boleh banget kalau tablet ataupun alat eloktronik canggih lainnya digunakan buat belajar, bukan cuma sekedar hiburan.

 
Tapi aplikasi di tablet ini dalam ejaan latin m [em] , jadi [eme] , l [el]  jadi [ele]. haha, dia sambil ketawa lucu karena ejaan latin tersebut banyak yang dianggapnya aneh..

Selamat bermain entong, selamat belajar.. Tahun depan masuk TK ya...


No comments:

Post a Comment