instagram

@soratemplates

Wednesday, September 27, 2017

Dasar Menjahit Lingkaran ( Tutorial Menjahit Tatakan Gelas)


NEP batch 2 pertemuan ke dua beberapa pekan lalu, saya isi dengan dasar-dasar menjahit lingkaran / dasar menjahit lengkung. Saya buat dua project yang dibuat pada saat itu  yaitu  tatakan gelas dan sarung anti panas (cempal).

Berikut ini tutorial menjahit tatakan gelas :


  • 1.       Buat pola lingkaran yang diinginkan . sematkan pola tersebut dengan pentul, di atas lembar kain yang ditumpuk (agar sekali jalan pengguntingan).
  • 2.       Beri kampuh (kain lebih untuk jahitan ) kurang lebih ½ inch. Beri tanda. Lalu gunting.
  • 3.       Letakkan pola lingkaran, diatas busa tipis. Lalu jiplak pola tersebut TANPA diberi kampuh
  • 4.       Letakkan busa tipis tersebut di tengah-tengah satu helai kain yang telah dipotong tadi.letak busa di kain buruk (di bagian bawah kain). Jahit variasi (boleh zigzag atau lurus) bentuk apa saja (kalau saya bentuk +) . Jahit ini bertujuan untuk menempelkan atau menyatukan  satu lembar kain dengan busa agar mudah untuk proses selanjutnya.
  • 5.       Ambil kain yang telah dipotong lainnya. Letakkan kain bagus dengan kain bagu (depan bertemu depan). Jahit melingkar, dengan melebihkan kampuh ½ inch. Pada proses ini jangan dijahit melingkar semua  sisakan kurang lebih 4-5cm, untuk membalikkan bahan.
  • 6.       Setelah itu  gunting zigzag  dengan menggunakan gunting bergerigi  kain tersebut. Tips : kalau tidak punya gunting bergerigi, gunting kecil-kecil (seperti kita membuat rumbai rumbai). Jangan sampai terkena benang yang telah kita jahit tadi.
  • Nah, kenapa harus digunting zigzag? Atau digunting rumbai? Ketika kita membalikkan jahitan, jahitan yang telah dibalikkan tadi tidak berbentuk garis-garis atau kotak dan terlihat melingkar sempurna.
  • 7.       Balikkan jahitan tersebut. Setelah dibalik, masukkan dan rapikan sisi yang belum terjait. jahit melingkar kembali kecil kecil. Tatakan gelas pun siap untuk dipakai.


Selamat mengopi.. hihi..

  

No comments:

Post a Comment